Internet untuk Rakyat

Pernah menyaksikan iklan yang diset layaknya sebuah iklan layanan  masyarakat tentang internet untuk rakyat? Dengan nada kalimat berbau ‘perjuangan’ menggemakan pentingnya internet bagi masyarakat. Internet barangkali diasumsikan akan sama pentingnya dengan sembako. Internet akan sama fenomenalnya dengan pentingnya pos kamling sewaktu saya masih SD-SMP😀

Alangkah ajaibnya! Saya pun baru bisa pasang speedy berbarengan dengan munculnya iklan ini. Saya memang tipikal rakyat pada umumnya sekali😀

Terlepas dari adanya iklan internet untuk rakyat yang nada-nadanya barangkali terinspirasi oleh Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, HUT TNI 5 Oktober atau malah menyongsong Hari Pahlawan 10 Nopember mendatang, internet bagi saya terasa sangat membantu. Namun di sisi lain agak bingung juga menjelaskan ‘kemampuan internet memberitahukan kita sesuatu’ kepada anak bungsu saya, Yaqzhan, yang bisa-bisanya mengajukan kasus hilangnya kelereng kepada saya untuk menanyakan kepada internet dimana gerangan kelerengya tersebut berada. Bagi Yaqzhan internet itu sama sekali tidak membantu!

Istri saya senangnya main game online, mencari tips dan tentu saja belajar menggunakan email. Istri saya memang simple: abis buka email, window-nya langsung ditutup, lalu buka  browser baru lagi untuk nyari tips dan begitu pula selanjutnya. Perlu waktu bagi saya untuk mengajarkan manfaat mengetik www.apapunitu.com, gunanya tab atau manfaat ikon home. Bagi istri saya, internet itu ribet!

Anak saya yang sulung, Sabeela yang sudah SD, lain lagi. Dia tidak terlalu tertarik sama internet. Sabeela hanya menggunakan komputer kalau dia ingin menggambar. Paint adalah favoritnya. Dan sejak guru SD-nya mengajarkan pentingnya kebersihan, maka kapanpun selesai menggambar sesuatu, ia segera menghapusnya sehingga kalaupun di-save maka hasilnya selalu perfect white blank paper. Bagi Sabeela, internet itu gak penting.

Internet bagaimanapun memang merupakan bagian dari kehidupan manusia modern–bahkan untuk rakyat awam sekalipun. Hanya saja bukan hal yang sederhana memaknai slogan patriotik ‘Internet untuk Rakyat’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: