Everything goes slow in this fast life

Agustus 28, 2010 oleh Dodi Kurniawan

Mengantar istri ke pasar, toko ataupun supermarket selalu merupakan tugas yang harus diwaspadai. Terutama di saat-saat tertentu seperti jelang Lebaran ini. Tak jarang saya terjebak dalam rasa bosan – terutama rasa penat menunggu istri yang justru asyik menjalaninya. Waktu memang relatif: someone’s fun is another’s hell (mengutip lirik salahsatu lagu Metallica)

Mengatasi rasa bosan, saya coba untuk mengalihkan pikiran kepada hal-hal yang menyenangkan. Tapi sungguh tidak mudah menemukan kesenangan di tengah kejenuhan. Malah yang muncul justru sebuah pertanyaan: mengapa di zaman yang konon serba cepat ini justru kita sering mengeluhkan lambatnya sesuatu?

Bukankah lampu merah selalu jadi keluhan? bukankah antrean panjang di fasilitas publik selalu menyebalkan? Internet kecepatannya jadi lemot? Atau, ah motor ini payah gak bisa lari?

Aneh padahal era sekarang ditasbih sebagai zaman serba cepat! Lalu mengapa semua serba lambat?

Terantuk kepada pertanyaan ini, pikiran saya jadi agak terobati – atau barangkali lebih tepatnya terintimidasi karena takut kalo ada yang salah dengan diri saya sendiri. Barangkali kita hidup kurang realistis. Kita hidup dalam pikiran kita. Mengharapkan dunia dapat melayani kita sebagaimana yang kita kehendaki. Nyatanya, teknologi kita masih teramat jauh dari kemampuan imajinasi kita.

Nah, ketimbang lalu jadi skizofrenik mending menghibur diri. Saya mencoba untuk melakukan rekonsiliasi diri. Dan anehnya berhasil. Malah dalam beberapa hal jadi sangat bersyukur. Bila dalam kehidupan ini realitas mengkhianati imajinasi kita, maka di kehidupan nanti sorga itu bahkan imajinasi kita tidak dapat membayangkan realitasnya.

Akhirnya, ketika istri selesai dengan belanjanya, siksa bosan dan jenuh terobati sudah. Dan rasanya patutlah berterima kasih kepada ‘bosan’ atas pelajaran yang diberikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: