PAI

  1. Ass. Pak ini sama ulfa kls x putri, maaf mau bertanya,kan di dalm sifat Alloh swt,ada yang d ktakan sifa jaiz,yaitu sifat yang mungkin atau tidak mungkin d miliki Oleh Alloh swt.yang sya ingin tanyakan ,bgai mana contoh sifat jaiz itU,seperti apa??.
    Terimakasih,Wss,

    • Wassalamu ‘alaikum wrwb.
      Ulfa, sebetulnya tidak ada sifat Jaiz bagi Allah. Sebab kata jaiz, yang artinya boleh, mengandung arti bahwa Tuhan itu tidak pasti. Dan ini tidak mungkin bagi Allah.

      Sifat Jaiz bagi Allah, menurut Bapak, hanya diajukan oleh orang-orang yang memiliki ‘kepentingan’. Maksudnya, mereka berusaha untuk mencari pembenaran atas pendapat mereka dengan menggunakan celah sifat Jaiz.

      Contoh konkritnya, sifat Allah salahsatunya MUTAKALLIM, yang artinya MAHA BERBICARA. Setiap perkataan Allah kepada makhluknya disebut wahyu. Sehingga melalui sifat MUTAKALLIM ini tersirat bahwa wahyu akan senantiasa berlangsung, dan tidak akan pernah putus atau berhenti.
      Masalahnya, sekarang ada sebagian orang yang berkeyakinan bahwa wahyu sudah tertutup, sebab bagi mereka wahyu identik dengan kenabian. Semesntara pintu kenabian sudah berhenti–tertutup–setelah kedatangan Nabi Muhammad saw..

      Oleh sebab itu, maka perlu ada teori baru untuk menyelesaikan persoalan ini. Dan teorinya itu adalah sifat jaiz–disamping sifat wajib dan mustahil–bagi Allah, yang artinya sifat MUTAKALLIM Allah swt boleh saja tidak berlaku lagi, sebab bila sifat MUTAKALLIM masih berlaku, maka kenabian pasti akan sangat terbuka.

      Nah, barangkali itu sedikit penjelasan. Selamat beribadah shaum🙂

  2. Oh gtu,ia bpa trmakasih atas penjelasan nya..jazakumulah.

  3. Oh gtu..ia mkash pa atas penjelasan nya.jazakumulah.!

  4. Oh gtu.ia pa trimakash atas penjelasan nya.jazakumulah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: